AdvertorialKominfo

Tingkatkan Kapasitas BPD – DPMDes Kejar Dua Gelombang di 2022

KUTAI TIMUR – Memasuki pertengahan tahun 2022, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kutai Timur menggelar Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Anggota Badan Permusyawaratan Desa dalam dua gelombang.

Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Kutai Permai Sangatta Utara tersebut, untuk gelombang pertama berlangsung pada 1-4 Juni 2022 dan gelombang kedua pada 6-9 Juni 2022. Total peserta untuk kedua gelombang pelatihan tersebut sebanyak 130 orang, untuk kegiatan awal ditujukan pada 9 desa yanga ada di Muara Wahau. Kemudian untuk gelombang kedua diperuntukan bagi anggota BPD dari 11 desa di wilayah Kecamatan Sangkulirang, Karangan, Telen dan Batu Ampar.

Ditemui berandaindonesia.id, pada Kamis (2/6/2022) siang, Pj Seskab Kutim Yuriansyah mengatakan kegiatan ini harus dikejar dalam dua gelombang untuk tahun 2022, mengingat adanya keterbatasan anggaran. Semoga pada APBD Perubahan nanti, DPMDes mendapatkan anggaran untuk melakukan pengembangan kapasitas lanjutan.

“Pembinaan dan peningkatan kapasitas anggota BPD mutlak harus dilakukan, karena anggota BPD yang terpilih pada tahun 2021 lalu rata-rata belum mendapatkan kesempatan mengikuti pengembangan kapasitas. Ada sekitar 35 desa yang baru dilantik pada tahun lalu,” ujarnya.

Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman dalam kesempatan itu mengatakan, proses peningkatan kapasitas tidak bisa sebenarnya dilakukan selama satu atau dua hari saja dan pasti tak akan cukup. Anggota BPD diharap mampu terus meningkatkan kapasitas selama menjabat yakni dalam periode 6 tahun.

“Saudara semua harus melakukan tugas dilapangan berdasarkan Undang-Undang, Peraturan Menteri, hingga Peraturan Bupati. Itu yang menjadi dasar dalam menjalankan tugas,” tegas lelaki yang pernah menjadi anggota DPRD Kutai Timur ini. (AdvKominfo-Ron)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button