Peristiwa Daerah

e-KTP, Buku Tabungan dan Kartu BPJS Milik Mbah Min Langsung Jadi

SAMARINDA – Rasa ngilu dan sakit yang dialami Mbah Rusmin atau yang akrab dipanggil Mbah Min (63) akibat kecelakaan berakhir tersenyum. Pasalnya Mbah Min yang tadinya belum punya e-KTP kini telah memilikinya, bahkan tidak perlu antri foto ke kecamatan ataupun ke kantor dukcapil, petugasnya yang langsung mendatangkan Mbah Min di gubugnya yang berlokasi di dalam bengkel Las Rajeg Wesi Jalan PM Noor Sempaja.

“Seneng ati kulo, maturnuwun bu Menteri Risma engkang peduli kaleh kulo, sampun ngutus utusan kangge urusi kulo,” ucap Mbah Min dalam bahasa Jawa sesaat setelah menerima fisik e-ktp, buku tabungan mandiri, dan kartu BPJS secara simbolik.

Terbitnya e-KTP Mbah Min atas bantuan dari Tim Kemensos dari Direktorat Lansia di Jakarta yang turun langsung ke Samarinda melihat komisi Mbah Min, bersama tim dari Sentra Soeharso Surakarta yang menangani terapi untuk Mbah Min.

“Terima kasih kepada dinas sosial, dukcapil, BPJS, bank mandiri, tim relawan, TKSK, PWI Kaltim peduli yang telah membantu Mbah Min selama ini. Kini Mbah Min telah punya keluarga baru, satu kartu kepala keluarga dengan bapak Madrozi dan ibu Marsiati,” ucap Feri Aprianto sesaat setelah penyerahan e-KTP, buku tabungan dan kartu BPJSK secara simbolik bertempat di depan gubug Mbah Min, Senin (4 April 2022) siang.

Proses kepengurusan e-KTP dibantu TKSK, LKS Harapan Borneo yang terus mendampingi tim kemensos baik ke kantor Dinas Sosial baik tingkat provinsi Kaltim maupun Dinsos Kota Samarinda, Ke Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) kota Samarinda, sementara ke kantor BPJS tim Kemensos didampingi Kepala Dinas Sosial kota Samarinda Isfihani.

“Mulai Senin pagi tarik ulur, antara apakah perekaman e-KTP Mbah Min kita bawa ke kantor Dukcapil atau petugasnya yang datang, demikian juga dengan perbankan. Makanya kami minta ambulance PWI Kaltim Peduli untuk standby, sehingga sewaktu-waktu bisa membawa Mbah Min,” ucap Feri.

Namun berkat lobby pihak tim Kemensos akhirnya Mbah Min tidak perlu dibawa, cukup menunggu petugasnya yang datang.

Penyerahan buku tabungan Bank Mandiri dari Kemensos diserahkan Danang dari tim Kemensos RI langsung diterima Mbah Rusmin. Saldo tertera di buku tabungan bantuan dari Kemensos sebesar Rp750.000

Penyerahan e-KTP diserahkan Sri Hardani dari Dinas Dukcapil Kota Samarinda langsung diterima Mbah Rusmin didampingi keluarga barunya Madrozi dan Marsiati, sedangkan penyerahan buku tabungan bank mandiri dari Kemensos diserahkan Danang dari tim Kemensos RI langsung diterima Mbah Rusmin, saldo tertera di buku tabungan bantuan dari Kemensos sebesar Rp750.000 dan penyerahan kartu BPJS secara simbolik diserahkan oleh Kadis Sosial pemkot Samarinda Isfihani.

“Kartu BPJS yang asli masih proses, sebulan baru jadi, ini simbolik dulu. Mbah Min tidak perlu bayar iuran karena iuran ditanggung Dinas Sosial kota Samarinda,” jelas Isfihani saat menyerah kartu BPJS secara simbolik yang diterima Mbah Rusmin. (mun)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button