TNI/POLRI

Perjusami Saka Wira Kartika Kodim 0909/Kutai Timur Resmi Ditutup, Ini Pesan Dandim

KUTAI TIMUR – Perkemahan Jumat, Sabtu, Minggu (Perjusami) Saka Wira Kartika merupakan implementasi dari program kegiatan kepramukaan di lingkungan TNI-AD yang digelar mulai 23 September 2022 lalu resmi ditutup hari ini.

Kegiatan yang bertujuan membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan ini diikuti sekira 55 siswa dari berbagai kecamatan di Kutim.

Dandim 0909/Kutai Timur, Letkol Czi Heru Aprianto, melalui Pasiter Kapten Arif Safardiyatno berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas generasi muda dalam menghadapi tantangan sebagai penerus bangsa.

“Pembinaan terhadap generasi muda melalui gerakan pramuka yang mana setiap Koramil juga membina Ranting Saka Wira Kartika yang ada di wilayah Kodim 0909/Kutai Timur, harapannya kedepan mereka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan mempunyai ketahanan mental dan berjiwa pancasila,” tegasnya, Minggu (25/09/2022).

Imbuhnya, Saka ini juga dibentuk sebagai salah satu upaya untuk membentuk patriot bangsa yang setia berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta mampu menjaga keutuhan negara Republik Indonesia.

“Tujuan pembentukan Saka Wira Kartika adalah untuk memberi pendidikan di bidang matra darat bagi anggota gerakan Pramuka melalui kegiatan nyata produktif dan berguna bagi dirinya dan masyarakat sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing. Krida adalah satuan kecil yang merupakan bagian dari Saka sebagai wadah kegiatan keterampilan tertentu yang merupakan bagian dari kegiatan dan beranggotakan maksimal 10 orang. Saka Wira Kartika memiliki 5 Krida yaitu Krida montenering, Krida Pioneer, Krida navigasi darat, Krida penanggulangan bencana dan Krida survival,” terang Letkol Czi Heru Aprianto.

Dalam moment itu juga Pasiter berharap dengan kegiatan perkemahan Saka Wira Kartika ini, 55 peserta yang telah mengikuti kegiatan diharapkan dapat menjadi insan yang berguna bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Selain itu juga diharapkan dapat menjadi siswa-siswi yang lebih baik lagi terutama dalam hal-hal kebaikan, serta mampu menjadi pelopor kegiatan positif di lingkungan tempat tinggalnya maupun di lingkungan sekolah.

“Kami harap dengan kegiatan kali ini para generasi millenial yang berasal dari 7 sekolahan di wilayah Kecamatan Sangatta Utara, Selatan dan Teluk Pandan ini dapat menjadi pelopor dan contoh sebagai generasi muda bangsa yang unggul dan dapat secara maksimal memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk membangun negeri,” tutupnya. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button