AdvertorialDPRD

Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya Dukung Raperda Pencegahan Kebakaran dan Penertiban Umum

Netizens.id, KUTAI TIMUR – Yan Ipui, anggota Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya DPRD Kutai Timur, menyampaikan pandangannya mengenai nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, penyelamatan, dan penertiban umum. Pandangan ini disampaikan dalam rapat paripurna di gedung DPRD, area perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

Menurut Yan Ipui, penjelasan kepala daerah terkait dua Raperda tersebut mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Undang-undang ini menetapkan bahwa tugas pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran, penyelamatan, serta penertiban umum merupakan urusan wajib dalam penyusunan dan tata kelola pemerintahan daerah.

“Raperda ini sangat penting untuk menciptakan payung hukum yang memadai dalam melaksanakan tugas dan koordinasi, dengan tujuan memberikan perlindungan optimal dan berkelanjutan bagi masyarakat,” jelas Yan.

Yan menegaskan, Fraksi Kebangkitan Indonesia Raya mendukung pemerintah untuk segera memulai pembahasan bersama Pemerintah dan DPRD sesuai prosedur yang berlaku. Pembahasan ini akan mempertimbangkan pembentukan sistem proteksi kebakaran yang mencakup peralatan, kelengkapan, dan sarana, baik untuk sistem proteksi pasif maupun pengelolaan yang efektif.

Langkah-langkah yang diusulkan meliputi perlindungan dari bahaya kebakaran dengan memperhatikan sistem organisasi, personel, serta sarana dan prasarana (Sarpras) untuk mencegah, mengeliminasi, dan meminimalisasi dampak kebakaran. Langkah ini juga bertujuan mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Selain itu, Yan juga menekankan pentingnya keterlibatan organisasi sosial berbasis masyarakat sebagai relawan dalam upaya mewujudkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran.

“Organisasi ini dibentuk oleh dan untuk warga masyarakat. Mereka berperan dalam usaha pencarian pertolongan, penyelamatan nyawa dan harta benda, serta evakuasi saat terjadi kebakaran dan bencana lainnya,” tambah Yan.(Adv-DPRD/Ty)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button