TNI/POLRI

Prajurit Lanal Sangatta Latihan Berenang untuk Tingkatkan Ketahanan Fisik

KUTAI TIMUR – Prajurit Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sangatta mengikuti latihan berenang di Kolam Renang Townhall, Swarga Bara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Berenang adalah keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh prajurit TNI, terutama TNI Angkatan Laut.(02-07-2024)lanal

Komandan Lanal Sangatta, Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, didampingi oleh Mayor Laut (P) Rocky Evika Ishak, memimpin langsung latihan ini. Rudi menjelaskan bahwa latihan ini bertujuan untuk melatih kekuatan fisik dan mental prajurit, serta menguji kemampuan berenang mereka untuk mendukung tugas utama.

“Sebelum latihan, prajurit melakukan pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh, kemudian melakukan senam peregangan untuk mencegah cedera atau kram otot selama latihan,” kata Rudi.

Letkol Rudi juga menambahkan bahwa latihan berenang ini penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh prajurit, sesuai dengan perintah pimpinan agar setiap prajurit TNI AL memiliki kemampuan berenang yang baik.

Pada latihan ini, prajurit berenang sejauh 200 meter untuk melatih ketahanan. Latihan ini juga memberikan bekal kemampuan bertahan di laut, yang merupakan bagian penting dari materi Sea Survival yang harus dikuasai oleh setiap prajurit TNI Angkatan Laut.

“Kemampuan bertahan di laut sangat penting untuk kesiapsiagaan personel dalam menghadapi berbagai bahaya, terutama di laut,” tegas Rudi.(*/Panlanal)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button