Ekonomi

Kota Samarinda Penutup Workshop Inovasi dan Kewirausahaan Kata Kreatif Indonesia 2021

SAMARINDA —  Kota Samarinda di Kalimantan Timur menjadi penutup rangkaian kegiatan workshop Inovasi dan Kewirausahaan KaTa Kreatif Indonesia 2021,  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kegiatan ini sebelumnya sudah dilaksanakan di 24 kabupaten/kota se-Indonesia. Di Kota Samarinda, kegiatan ini berlangsung di Ballroom Hotel Swiss Bell Samarinda, Selasa (30/11/2021).

Kegiatan workshop diawali penetapan 11 kabupaten/kota kreatif 2021 terpilih. Surat Keputusan (SK) Menteri Kemenpraf  kepada bupati dan wali kota diantaranya kota Ambon, Banda Aceh, Salatiga, Bandung, Cimahi, Pekalongan, Kabupaten Banjarnegara,  Karanganyar,  Tanah Datar, Wonosobo dan Kabupaten Wakatobi.

 “Kemenparekraf menyelenggarakan workshop pengembangan KaTa kreatif Indonesia 2021 sebagai bentuk fasilitasi pengembangan potensi ekonomi kreatif,” ujar  Menteri Parekraf Sandiaga Salahudin Uno.

Kegiatan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pemikiran kreatif peserta, sehingga dapat terus berkarya dengan bekal materi kreativitas, pemodelan bisnis, promosi digital dan pengelolaan keuangan serta permodalan.

Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia merupakan program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 dan hingga saat ini terus dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sandiaga berharap penetapan KaTa kreatif Indonesia 2021 ini mampu mendorong kabupaten/kota untuk lebih inovatif meningkatkan kinerja ekonomi kreatif dalam memajukan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam acara ini pimpinan Komisi 10 DPRD Hetifah Syaifuddin, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Walikota Samarinda,  Andi Harun serta pelaku usaha ekonomi kreatif di Kalimantan Timur. (YUL)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button