TNI/POLRI

Laksanakan Instruksi KASAD TNI-AD, Kodim 0912 Kubar Laksanakan Hal Ini

KUTAI BARAT – Sesuai instruksi KASAD TNI-AD, Komandan Kodim (Dandim) 0912/Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Letkol Kav Yudhi Prasetyo Purnomo, akan melaksanakan kegiatan vaksinasi serta pembentukan kampung pancasila.

Kodim 0912 Kutai Barat saat ini membawahi 13 Komando Rayon Militer (Koramil) yang tersebar 21 kecamatan se-Kubar dan Mahulu. Dandim berharap Kampung Pancasila se-Kubar dan se-Mahulu kedepan ada di setiap Koramil.

Hal tersebut diutarakan Dandim saat ditemui langsung awak media di ruang kerjanya saat dikonfirmasi terkait kegiatan peresmian Kampung Pancasila serta pelaksanaan vaksinasi di Kampung Sendawar, Kecamatan Barong Tongkok.

“Harapan kami minimal 1 Koramil ada 1 Kampung Pancasila. Sampai saat ini Kampung Pancasila yang sudah diresmikan ada di 2 kecamatan, yakni di Kecamatan Jempang yakni Kampung Isuy dan Kampung Sendawar, Kecamatan Barong Tongkok,” ungkapnya.

Lebih lanjut, menurutnya, tujuan diresmikannya Kampung Pancasila, karena saat ini ada potensi lunturnya jiwa nasionalisme di kalangan masyarakat khususnya generasi muda milenial.

Dandim menerangkan bahwa saat ini terindikasi marak terjadinya Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN), juga pornografi (seks bebas), serta narkoba di Indonesia. Hal itu dikawatirkan karena efek jauhnya generasi muda dari Pancasila.

“Sehingga pemahaman dan implementasi Pancasila harus kembali dihidupkan dalam masyarakat. Dilakukan dari bawah (tingkat kampung/desa), berlanjut hingga ke tingkat nasional. Maka akan menjadi kekuatan yang besar,” katanya. (ical)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button