TNI/POLRI

Upacara Peringatan HUT 77 RI di Telen Kental Nuansa Ethnic, Danramil Muara Wahau Sebut Hal Ini

KUTAI TIMUR – Indonesia lahir dari keberagaman adat dan budaya. Seperti yang tercermin dalam semboyan bangsa Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Hal ini tertulis dalam lambang negara Indonesia, Garuda Pancasila. Meskipun terdiri dari berbagai adat budaya yang berbeda, tetapi Indonesia tetap utuh dalam persatuan.

Hal tersebut diutarakan oleh Danramil 0909-03/Muara Wahau, Kapten Arh Asep Supriyatna, yang memaknai Upacara HUT 77 RI yang dilaksanakan di Desa Long Segar, Kecamatan Telen yang kental dengan nuansa etnis dayak.

“Seperti itulah keberagaman Indonesia, hal itu tercermin dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 77 RI di Kecamatan Telen. Babinsa Koramil Muara Wahau melakukan pembinaan baik secara umum dan dalam persiapan kegiatan upacara hingga pelaksanaan dengan aktif, sehingga hasilnya memuaskan dan unik karena mengedepankan keberagaman budaya,” papar Danramil.

Selain itu, imbuh Danramil, melalui momentum HUT Kemerdekaan RI ini, Babinsanya juga terus bergerilya melakukan edukasi terkait wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air untuk memperkuat patriotisme dan nasionalisme di wilayah.

Terkait sasaran edukasi, Danramil menyebutkan bahwa Babinsanya menyasar seluruh elemen masyarakat di berbagai tingkatan usia tanpa kecuali, sehingga dirinya meyakini momentum HUT RI kali ini tidak hanya kebangkitan perekonomian masyarakat, namun juga peningkatan rasa kecintaan terhadap tanah air.

“Tujuannya jelas untuk membendung pengaruh negatif dampak perkembangan teknologi dan informasi yang dapat menghilangkan adat, tradisi dan budaya asli Indonesia yang merupakan ciri khas bangsa,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan yang dimulai sejak pukul 09.00 Wita tersebut, keseluruhan peserta mulai dari undangan hingga inspektur upacara mengenakan pakaian adat setempat. Ibu-ibu PKK dan warga usia lanjut pun ikut antusias memeriahkan upacara HUT RI dengan turut memakai pakaian adat Dayak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button