Peristiwa Daerah

DPD BIDAK Sangatta Kolaborasi dengan Kodim 0909/Kutai Timur Lakukan Hal Ini

KUTAI TIMUR – DPD Barisan Inti Dayak Kalimantan (BIDAK) Sangatta berkolaborasi mensukseskan program “Ngabuburit Ala TNI” besutan Kodim 0909/Kutai Timur yang bertujuan untuk membersihkan lingkungan warga pasca banjir.

Program unik ini, menurut Ketua DPD BIDAK Sangatta, Tyas Sandung, merupakan program yang patut didukung mengingat manfaat atas kegiatan tersebut efeknya langsung dapat dirasakan manfaatnya.

Selain itu, lanjutnya, program tersebut juga sejalan dengan program dari ormas yang dipimpinnya, yakni, terkait kepedulian lingkungan, sehingga dirinya pun secara langsung menginstruksikan personelnya untuk turun membantu menyukseskan program yang dilaksanakan di Masabang Ulu, Dusun Gunung Tekhnik, Desa Sangatta Selatan.

“Kami akan terus siap mendukung program TNI, terutama Kodim 0909/Kutai Timur, terlebih program tersebut sangat membantu masyarakat. Ini adalah tugas kami juga untuk memberikan manfaat kepada warga. Bravo TNI,” tegasnya saat dikonfirmasi melalui ponsel pribadinya, Jum’at (08/04/2022).

Dirinya juga menyampaikan bahwa selama berdiri di Kutim, BIDAK akan terus berupaya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat secara luas. Seperti instruksi yang diterimanya dari Ketua Umum BIDAK, Edy Mangkin.

“Kepedulian terhadap lingkungan, sosial dan budaya menjadi salah satu fokus kami, semoga apa yang kami lakukan dapat memberikan nuansa dan semangat baru,” imbuhnya.

Dikonfirmasi sebelumnya terkait kegiatan yang melibatkan 30 personel gabungan tersebut, Dandim 0909/Kutai Timur Letkol Czi Heru Aprianto melalui Pasiops Letda Inf Bagus menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan realisasi dari permohonan warga setempat kepada TNI.

Dirinya juga menegaskan dalam kegiatan yang dibungkus dengan tema ngabuburit ini, TNI ingin kembali menanamkan rasa kebersamaan, kepedulian dan gotong-royong kepada masyarakat dalam hal menjaga lingkungan dari sampah.

“Lebih bermanfaat daripada ngabuburit hanya sekedar jalan-jalan menunggu tiba waktu buka puasa, dengan kegiatan bersama seperti ini manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat. Lingkungan desa juga bersih dari sampah pasca banjir, edukasi kepada masyarakatpun juga terlaksana,” ujarnya.

Letda Bagus juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan instruksi dari Dandim 0909/Kutai Timur terkait peran aktif, sinergitas dan soliditas TNI dan rakyat terutama dalam masa penanganan pasca banjir.

“Instruksi ini kami laksanakan dalam berbagai bentuk. Sebelumnya kami melaksanakan bersih bersih di lingkungan pondok pesantren dan panti asuhan, juga di Jalan Poros Sangatta. Hari ini kami lebih masuk lagi dengan menyisir gang di daerah yang terkena banjir parah seperti di wilayah Masabang,” tutupnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button