Peristiwa Daerah

Cegah Banjir, Pemkab Jember Akan Bangun Drempel di Aliran Kalijompo

Cegah Banjir, Pemkab Jember Akan Bangun Drempel di Aliran Kalijompo

JEMBER – Bupati Jember Hendy Siswanto, memimpin langsung apel kesiapsiagaan bencana yang berlangsung di Desa Klungkung Kecamatan Sukorambi Jember, Senin (30/5) kemarin.

Apel kesiapan bencana ini, untuk meningkatkan kembali kesiapsiagaan bencana sekaligus sebagai media silaturahmi untuk mempererat hubungan pemerintah dengan para pegiat kebencanaan di Jember.

“Kekuatan para pegiat kebencanaan ini sangat luar biasa, karena mereka ada di posisinya masing-masing. Mereka yang mengetahui bencana lebih dulu,” terangnya.

Selesai apel, Hendy langsung meninjau aliran sungai Kalijompo yang kerap meluap dan menyebabkan banjir ketika terjadi peningkatan curah hujan.

“Setiap 1 kilometer kami akan membuat drempel itu suatu peninggian nanti dari material batu yang di sekitar itu untuk bendungan kecil, jadi begitu ada debit air tinggi maka turunnya akan tertahan sejenak, turun lagi akan tertahan sejenak,” terang Bupati Hendy Siswanto.

Drempel atau Groundsill Ambang adalah tumpukan batu-batu besar agar tidak dapat dibawa oleh arus air sungai pada saat banjir. Dengan kata lain mencegah gerusan dasar sungai dengan cara lebih melandaikan kemiringan dasarnya guna mengurangi gaya tarik alirannya.

“Kedua drempel tersebut dapat menjadi wisata, dan itu akan menjadi kearifan lokal masyarakat sekitar, ada kolam ikan bisa untuk mancing luar biasa nanti dampaknya dan sangat bening air sungai kalijompo ini,” ujarnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button