AdvertorialDPRD

Pariwisata Sumber Ekonomi Lain, Tingkatkan PAD Kutim

KUTAI TIMUR – Membangun industri pariwisata sebagai basis ekonomi masyarakat Kutai Timur, tidak dapat dipandang remeh. Harus digeliatkan seja dini, jangan hanya kemudian daerah ini hanya terus bersandar pada sektor pertambangan batubara semata. Pembangunan industri pariwisara harus berbasis pada penguatan masyarakat, melalui pemberdayaan yang utuh dan berkelanjutan.

Hal inilah yang dlihat oleh Yuli Sa’pang sebagai perihal yang harus dikejar kedepan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kutim tidak boleh hanya bersandar pada sektor pertambangan batubara, tetapi harus dicari cara lain yang lebih hijau dan bersih tetapi tetap menghasilkan pendapatan bagi daerah dan masyarakat.

“Industri pariwisata harus tumbuh dan digalakkan sejak dini. Terlebih hampir tiap kecamatan di Kutim memiliki destinasi wisata yang unuk dan beragam,” terang anggota Komisi D DPRD Kutim pada, Kamis (23/6/2022).

Kekayaan dan keragaman sumber daya pariwisata harus dibangun dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten dengan didukung oleh pembangunan infrastruktur dan konektivitas jaringan antar kecamatan di Kutim.

Hal itu akan berdampak pula pada diliriknya daerah ini melalui investasi yang masuk, serta menggiring masyarakat di wilayah pedesaan dan perkotaan di Kutim untuk menunjang penuh industri kepariwisataan.

“Semisal di Sangatta Selatan terdapat Teluk Lombok, nah itu harus dikelola dengan ditunjang berupa fasilitas dan infrastruktur yang mendukung. Dinas Pariwisata juga tidak boleh setengah-setengah, harus melihat peluang besar industri pariwisata,” jelasnya. (ADV-DPRD-Ron)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button