TNI/POLRI

Menjaga Kesehatan Bersama: Lanal Sangatta Adakan Sosialisasi Diabetes dan Bahaya DBD

Netizens.id, KUTAI TIMUR – Lanal Sangatta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur melalui Puskesmas Sangatta Utara mengadakan sosialisasi tentang Pencegahan dan Penanganan Diabetes serta Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD). Acara ini berlangsung di Hall Mako Lanal Sangatta pada Jumat, 31 Mei 2024, dan dihadiri oleh seluruh prajurit beserta keluarga.

Dalam sambutannya, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, S.E., M.Tr. Opsla, mengimbau seluruh prajurit untuk memperhatikan materi yang disampaikan. Ia menekankan pentingnya penerapan informasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari di rumah, kompleks perumahan dinas, dan tempat kerja agar terhindar dari penyakit hipertensi dan DBD.

Sosialisasi ini dibagi menjadi dua sesi utama. Materi pertama tentang Pencegahan dan Penanganan Diabetes disampaikan oleh dr. Jelti, dokter umum dari Puskesmas Sangatta Utara. Materi kedua mengenai Bahaya DBD dibawakan oleh dr. Musdalifah, pengelola program DBD Puskesmas Sangatta Utara.

Dr. Musdalifah menjelaskan bahwa kasus DBD di Kutai Timur tahun ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. DBD merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk di daerah tropis dan subtropis.

“Untuk demam berdarah ringan, gejalanya meliputi demam tinggi dan gejala mirip flu. Sedangkan untuk demam berdarah yang parah, bisa menyebabkan pendarahan serius, syok karena penurunan tekanan darah mendadak, dan bahkan kematian,” jelas dr. Musdalifah.

Ia juga menekankan pentingnya sosialisasi ini sebagai langkah pencegahan awal. Beberapa langkah pencegahan yang dianjurkan meliputi menguras tempat penampungan air, menutup rapat tempat penyimpanan air, dan mendaur ulang barang bekas yang bernilai ekonomis.

Selain itu, menjaga pola hidup sehat dan bersih, termasuk tidak menggantung pakaian sembarangan, juga merupakan bagian dari pencegahan DBD.(*/Panlanal)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button