TNI/POLRI

Lanal Sangatta dan Dinas Kesehatan Kutai Timur Bersinergi Cegah DBD Lewat Foggin

Netizens.Id, KUTAI TIMUR – Untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sangatta mengintensifkan kegiatan fogging atau pengasapan di lingkungan Mako Lanal dan Kompleks Rumah Dinas (Rumdis) prajurit pada Jumat (31/5/2024).

Kegiatan fogging ini merupakan hasil kerja sama antara Lanal Sangatta dan Dinas Kesehatan Kutai Timur, yang bertujuan untuk memberantas nyamuk Aedes aegypti, faktor utama penyebab DBD.

Musim penghujan yang kerap menyebabkan genangan air menjadi tempat ideal bagi perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. Oleh karena itu, fogging menjadi langkah penting dalam mencegah penyebaran nyamuk ini, khususnya di wilayah Lanal Sangatta.

Pelaksanaan fogging dipimpin oleh Perwira Jaga Lanal Sangatta, Letda Laut (S) D. Surya Candra. Kegiatan pengasapan dimulai dari lingkungan Mako Lanal Sangatta, kemudian berlanjut ke Mess Perwira, Mess Bintara, Mess Tamtama, serta kompleks Rumdis TNI AL Dewa Ruci.

“Kami tidak hanya fokus pada area terbuka, tetapi juga menyasar saluran got, lorong-lorong sekitar rumah, dan ruangan-ruangan kantor untuk memastikan tidak ada tempat bagi jentik nyamuk Aedes aegypti berkembang biak,” ujar Letda Laut Surya Candra.

Sebelumnya, Lanal Sangatta bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur telah mengadakan sosialisasi mengenai bahaya DBD di Hall Mako Lanal Sangatta. Dalam sosialisasi tersebut, prajurit diimbau untuk menerapkan hasil sosialisasi dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah, kompleks Rumdis, maupun di tempat kerja.

Danlanal Sangatta, Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, S.E., M.Tr. Opsla, menegaskan pentingnya penerapan langkah-langkah pencegahan DBD oleh prajurit dan keluarganya. “Kami berharap setelah dilakukan fogging ini, perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti dapat berkurang sehingga prajurit beserta keluarga terhindar dari penyakit DBD,” kata Danlanal. (*/Penlanal)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button