Peristiwa Daerah

Pawai Ta’aruf MTQ ke-17 di Kutai Timur: Meriahkan Kutim Menuju Masyarakat Religius dan Sejahtera

Netizens.id, KUTAI TIMUR – Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-17 Kabupaten Kutai Timur (Kutim) disambut dengan antusiasme dan kegembiraan oleh masyarakat dari 18 kecamatan di Kutim. Acara berlangsung di Taman Folder Ilham Maulana, Sangatta, pada Minggu (23/06/2024).

Dengan tema “Dengan MTQ Bersama Membangun Insan Berakhlakul Karimah Dan Berkarakter Menuju Masyarakat Yang Religius Dan Sejahtera Untuk Semua”, acara ini dihadiri oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Kutim Joni, Asisten 1 Kutim Poniso Suryo Renggono, serta pejabat dan anggota OPD lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah menjelaskan bahwa MTQ merupakan agenda tahunan yang sangat dinantikan. Meskipun Musabaqah MTQ se-Provinsi Kaltim direncanakan akan diadakan di Kutim, namun karena Kaltim menjadi tuan rumah tingkat nasional di IKN tahun ini, kesepakatan diputuskan untuk dipindahkan ke tahun mendatang dengan Kutim tetap sebagai tuan rumah.

Para peserta MTQ dari seluruh kecamatan di Kutim telah mempersiapkan diri untuk bertanding dengan baik. Bupati Ardiansyah berharap adanya peningkatan kualitas tahun ini berkat pelatihan dari pelatih berpengalaman yang berasal dari Jakarta.

“Saya berharap partisipasi ini akan memberikan nilai tambah dalam hal kualitas, terutama dengan kehadiran pelatih berpengalaman dari Jakarta yang melatih para Qori dan Qoriah,” ungkapnya.

Ia juga memberikan ucapan selamat kepada seluruh peserta kontingen tiap kecamatan yang turut serta dalam Pawai Ta’aruf ini. Menurutnya, kegiatan ini menjadi bukti nyata dukungan Pemerintah Kutim dalam membuka Festival MTQ yang lebih meriah.

Poniso Suryo Renggono, sebagai ketua panitia MTQ, menambahkan bahwa Pawai Ta’aruf ke-17 akan mengadakan berbagai kegiatan tambahan. Acara ini tidak hanya menjadi kegiatan rutin, tetapi juga sebuah tradisi yang telah dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Tradisi Pawai Ta’aruf ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, tidak hanya dari segi keagamaan tetapi juga dari aspek pengembangan UMKM di Kutim,” jelas Poniso.

Ia juga menegaskan bahwa lokasi acara di Taman Folder Ilham Maulana Sangatta dipilih dengan tujuan untuk memberikan edukasi Islam kepada masyarakat serta mendorong perkembangan UMKM setempat.

“Musabaqah MTQ ini bukan sekadar kegiatan, tetapi merupakan momentum penting yang diadakan setiap tahun oleh Pemerintah Kutim,” tambahnya.(Ty)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button