Kesehatan

BIN Provinsi Kaltim Gelar Vaksinasi Massal, Siapkan 1700 Dosis Vaksin Sinovac untuk Kubar dan Mahulu

KUTAI BARAT – Upaya pemerintah mempercepat penyuntikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat terus mendapat dukungan dari pihak-pihak lainnya. Bahkan lembaga negara selevel Badan Intelejen Negara (BIN) juga turut andil menyukseskan pencapaian herd immunity, seperti yang dilakukan BIN Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (7/12/21).

Program vaksinasi massal jenis Sinovak penyuntikan dosis 1 dan 2 ini digelar selama dua hari. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak Senin sampai Selasa. Dipusatkan dipanggung utama Alun-alun Itho, Jalan Komplek Perkantoran Pemkab Kutai Barat (Kubar).

Program vaksinasi massal garapan BIN Kaltim ini menyasar warga Kubar dan Mahakam Ulu. Mengusung tema ‘Indonesia Sehat, Indonesia Kuat’. Untuk melaksanakan kegiatan ini, BIN Kaltim bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Barat, melibatkan tenaga medis dari tiga Puskesmas terdekat dengan Ibu Kota Sendawar, yakni Puskesmas Melak, Sekolaq Darat dan Puskesmas Barong Tongkok.

“Kita menggandeng tenaga kesehatan dari Puskesmas terdekat saja,” kata Christo, perwakilan BIN Kaltim Biro Kubar.

Dia mengatakan, saat ini vaksinasi Covid-19 sudah menjadi kebutuhan. Khusus di Kubar sendiri sudah cukup banyak masyarakat yang telah di vaksinasi tahap satu. Untuk vaksin Shinovac tahap 2 telah disiapkan sebanyak 1.000 dosis pada Senin kemarin.

“Sedangkan (vaksin) Sinovac tahap 1 sebanyak 700 dosis yang akan disuntikkan pada hari ini,” tambahnya.

Untuk di Kabupaten Mahakam Ulu, sambungnya, kegiatan vaksinasi dilaksanakan dengan dosis yang sama. Telah dilaksanakan sejak per 3 Desember 2021 lalu. Kemudian vaksinasi selama dua hari dilaksanakan di Kubar.

Sebelumnya Kepala Dinkes Kubar, dr Ritawati Sinaga, menuturkan, program percepatan vaksinasi ini juga dilakukan demi mendukung implementasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di Kubar. Oleh karena itu sasaran vaksinasi juga tidak berfokus kepada masyarakat umum saja.

“Tetapi juga kepada para pelajar yang telah diprioritaskan oleh Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Untuk tahun ini Kubar program vaksinasi menargetkan 80 persen warga, sehingga di 2022 mendatang bisa mencapai target 100 persen. Seperti yang sudah disampaikan oleh Bupati Kubar, FX Yapan, dari 18.000 siswa pelajar sebagai target vaksinasi, saat ini kurang lebih 11.000 siswa sudah mendapatkan vaksinasi. Dipersentasikan mencapai sekitar 59,6 persen.

Meski demikian, katanya, di Kubar capaian vaksinasi sudah mendekati 80 persen. Meski kasus Covid-19 di Kubar sudah mereda, pihaknya terus berupa menghimbau masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan untuk menghindari dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button