TNI/POLRI

Babinsa Koramil 0909-03/Muara Wahau Lakukan Pendampingan Mediasi Sengketa Lahan

KUTAI TIMUR – Babinsa Koramil 0909-03/Muara Wahau, Serda Cecep, bersama Kades dan Perangkat Desa Muara Wahau membantu penyelesaian mediasi sengketa lahan di area Kelompok Tani Kenden Jaya antara warga setempat yang dilaksanakan di kantor desa, Jum’at (26/08/2022).

Dalam mediasi tersebut, Serda Cecep mengatakan, permasalahan sengketa tanah seperti ini sangat rentan dengan terjadinya perselisihan yang dapat menimbulkan keributan baik itu kelompok maupun perorangan.

Oleh karena itu, dengan pendampingan yang dilaksanakan sesuai instruksi dari Danramil 0909-03/Muara Wahau, Kapten Arh Asep Supriyatna, diharapkan kondusifitas dalam mediasi tersebut dapat terjaga.

“Sesuai instrukai, kami terus berupaya menjaga kondusifitas wilayah binaan,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Danramil 0909-03/Muara Wahau, Kapten Arh Asep Supriyatna, menyebutkan bahwa diterjunkannya personelnya tersebut dalam tiap permasalahan yang timbul di wilayah binaan adalah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Terlebih menurutnya dalam timbulnya suatu permasalahan perlu adanya mediasi kedua belah pihak dengan difasilitasi oleh pihak terkait.

“Seperti halnya yang terjadi saat ini, personel kami hadir dalam kegiatan tersebut untuk mendampingi Kades setempat dalam memfasilitasi warga yang tengah bersengketa. Mediasi pemecahan masalah sengketa lahan tersebut dilakukan dalam bentuk musyawarah untuk mufakat secara kekeluargaan agar tidak timbul konflik yang berkepanjangan,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button