Peristiwa Daerah

Baksos Operasi Katarak Gratis Bagi Warga Sangsaka, Persembahan PERDAMI, Peduli Amal Indosiar-SCTV dan Dinkes kutim

KUTAI TIMUR – Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur (Dinkes Kutim) bekerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (PERDAMI) wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltara) kembali menggelar bakti sosial operasi buta katarak, pada Sabtu (15/10/2022).

Adapun kegiatan yang turut disponsori oleh yayasan amal Peduli Kasih Indosiar-SCTV ini menyasar sekitar 70 warga yang berasal dari wilayah Kecamatan Sangkulirang, Sandaran, Kaubun dan Kaliorang (Sangsaka).

Kegiatan yang dipusatkan di salah satu ruang rawat inap RSUD Sangkulirang, turut dihadiri oleh Bupati Kutim H Ardiansyah yang hadir bersama sang istri Ny Hj Siti Robiah, Kadinkes dr Bahrani, Camat Sangkulirang Rahmat, Direktur RSUD Sangkulirang dr Rakhmadi, Ketua Tim dokter PERDAMI dr Tedy Cristiani serta puluhan pasien yang sudah rela antri sejak pagi di lorong rumah sakit milik pemerintah ini.

Pada kesempatan itu, Ardiansyah mengatakan memelihara kesehatan merupakan salah satu investasi yang sangat berharga bagi manusia, dan tidak bisa di nilai dengan nominal berapun, dan demi memastikan tetap sehat, banyak orang rela melakukan berbagai macam upaya guna memastikan kondisi badan dan organ tubuh lainya tetap dalam kondisi prima.

“Salah satu yang memang sensitif bagi kita itu adalah mata. Hari ini kita bersyukur bahwa kegiatan ini kembali digelar dan saya harap masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik,” ujar Bupati.

Selain itu, dirinya menekankan agar masyarakat yang sudah mendapatkan penanganan bisa mengikuti segala anjuran yang sudah ditetapkan oleh para dokter, guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Pada kesempatan itu juga, tak lupa Ardiansyah mengucapkan terimakasih kepada PERDAMI dan Yayasan Peduli Amal Indosiar dan SCTV yang telah berkolaborasi membantu pemerintah dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan semua yang mendapatkan perwatan hari ini sehat kembali dan jangan lupa ucapkan terimakasih kepada para dokter yang telah membantu memulihkan kesehatan mata bapak ibu sekalian,” pintanya.

Ditempat yang sama Kadinkes Kutim, dr Bahrani melaporkan, program bakti sosial operasi katarak gratis ini merupakan kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2017, hasil kolaborasi pemerintah daerah, PERDAMI serta pihak Swasta. Sejak program ini diluncurkan tercatat sebanyak 600 warga yang tersebar di berbagai kecamatan yang sudah menikamti program tersebut.selain itu.

“Sedangkan untuk kegiatan hari ini, setelah dilakukan screening (pengecekan awal kondisi kesehatan pasien) dari 120 pasien yang mendaftarkan diri, hanya menyisakan 70 orang saja yang layak mendapatkan tindakan operasi katarak kali ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Tim dokter PERDAMI, dr Tedy Cristiani, program operasi mata katarak merupakan salah satu bentuk sumbangsih yang diberikan PERDAMI kepada masyarakat khususnya bagi kalangan tidak mampu. Pihaknya juga memberikan apresiasi serta penghargaan kepada pemerintah daerah yang terus berupaya dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warganya.(Tj)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button