Peristiwa Daerah

Gubernur Kaltim Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021

JAKARTA – Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, menerima penghargaan Abdi Bakti Tani  Tahun 2021 yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin, di Jakarta.

Dalam rilis yang diterima Berandaindonesia.id, pada Selasa (14/9/2021) Isran Noor menerima penghargaan ini secara langsung di Istana Wapres Jakarta, Senin 13 September 2021.

Gubernur Kaltim menerima penghargaan karena penilaian kinerja ekspor pertanian dari Kaltim meningkat signifikan yaitu sebesar sebesar Rp 6,7 triliun pada semester I-2021 dibandingkan periode sama tahun lalu (YoY).                        

Dalam arahannya, Wapres KH Maruf Amin mengapresiasi capaian dan kinerja sektor pertanian Indonesia yang terus mengalami kemajuan dan peningkatan produksi.

“Karena itu kita harus bersyukur bahwa ditengah disrupsi yang diakibatkan pandemi, sektor pertanian ternyata mampu hadir sebagai tulang punggung perekonomian nasional,” ujar Wapres yang didampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Wapres mengingatkan, selama ini ada tiga hal penting yang menjadi tujuan utama pembangunan pertanian Indonesia. Ketiganya adalah melakukan pemenuhan pangan rakyat secara total, meningkatkan kesejahteraan petani dan melakukan peningkatan ekspor secara berkelanjutan.

Masih menurut Wapres, disisi lain, sektor pertanian mampu menyerap jutaan tenaga kerja yang terdampak PHK. Berdasarkan hasil survei BPS, angkatan kerja nasional yang menyerap tenaga kerja paling banyak adalah sektor pertanian

“Tumbuhnya pertanian dimasa krisis seperti ini tentunya tidak lepas dari kerja keras dan sinergi integratif dan kolaboratif antar insan pertanian serta komitmen yang kuat dari pemerintah daerah dan pusat,” ujar Wapres.

Sementara itu, Gubernur Kaltim, H Isran Noor, berterima kasih kepada kinerja dinas dan instansi yang ada di Kaltim dalam meningkatkan ekspor pertanian tahun ini.

Menurutnya, sektor pertanian dalam arti luas mencakup perkebunan, kehutanan, hortikultura dan perikanan akan memiliki prospek cerah di masa mendatang, mendampingi sumber daya alam sektor pertambangan dan batu bara.

Sementara itu, dari data Kementerian Pertanian yang tercatat pada sistem IQFAST di Karantina Pertanian Samarinda, produk pertanian unggulan ekspor asal Provinsi Kaltim yaitu turunan produk kelapa sawit berupa RBD palm olein, RBD palm stearin, palm kernel oil, minyak sawit, palm kernel expeller, cangkang sawit, palm kernel stearin dan karet lembaran.

Sedangkan tujuan ekspor produk-produk pertanian Kaltim ke berbagai negara tujuan  ekspor yaitu Cina, Haiti, Brazil, Malaysia, New Zealand, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, India dan Rusia.(YUL/*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button