Peristiwa

Besok, Folder Sangatta Jadi Sasaran Utama Puncak WCD di Kutim

KUTAI TIMUR – Gabungan relawan dan pejuang lingkungan World Cleanup Day (WCD) 2021 perwakilan Kutim besok akan kembali melakukan aksi bersih-bersih yang dipusatkan di salah satu ikon smart city Kutim yakni Folder Sangatta yang terletak di Jalan Ilham Maulana, Teluk Lingga, Sangatta Utara.

Selain melaksanakan pembersihan area dari sampah, gabungan relawan dan pejuang lingkungan tersebut juga akan melakukan penanaman 500 pohon yang rencananya 300 pohon yang ditanam akan didominasi oleh pohon buah-buahan khas Kalimantan.

Hal tersebut diutarakan langsung oleh Leader gabungan relawan dan pejuang lingkungan World Cleanup Day (WCD) 2021 perwakilan Kutim, Andika, yang juga merupakan ketua panitia kegiatan saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (23/09/2021) Malam.

“Besok adalah puncak dari kegiatan WCD, kami fokuskan pelaksanaan kegiatan di Folder Sangatta. Peserta gabungan dari relawan dan pejuang lingkungan yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat, tujuannya selain untuk menjaga kebersihan juga melestarikan buah-buahan asli Kalimantan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu dirinya juga menyampaikan bahwa dalam rangkaian kegiatan WCD yang dimulai sejak tanggal 18 September 2021 tersebut, berbagai kegiatan yang senada dengan tema WCD tahun ini yakni ‘Pilah Sampah dari Rumah Pilah Sampah dari Sumbernya’ berbagai kegiatan kebersihan mulai dari pungut sampah di jalan hingga kerja bakti bersih-bersih di tingkat RT telah dilaksanakan oleh para pejuang lingkungan yang tergabung dalam kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Andika juga berharap melalui giat WCD 2021 ini diharapkan dapat menjadi edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, memilah dan memilih sampah untuk digunakan kembali sebagai kompos untuk sampah organik dan mengumpulkan ke bank sampah untuk jenis sampah plastik.

“Mulai awal peringatan WCD hingga saat ini para relawan melalui berbagai aksi bersih-bersih yang dilakukan telah mengumpulkan 5 ton sampah. Kami berharap melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan agar bersih dari sampah,” tutupnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button