Pemerintahan

Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak, Bupati Kutim: Pastikan Aman dan Kondusif

KUTAI TIMUR – Setelah pelaksanaan Rakor Kemendagri Bupati Kutai Timur beserta Wakil Bupati didampingi unsur kepala Forkopimda melanjutkan virtual zoom dengan para Camat dalam rangka monitoring pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Kutai Timur, Senin (18/10/2021).

Ditemui usai kegiatan Ardiansyah mengatakan peninjauan dilaksanakan dalam rangka memastikan penyelenggaraan Pilkades di Kabupaten Kutai Timur berjalan lancar dan tertib.

“Secara umum penyelenggaraan Pilkades di 62 Desa ini dalam keadaan siap semua dan penyelenggaraan disetiap wilayah berjalan aman, kondusif, tidak ada masalah,” ucapnya.

Ardiansyah juga merasa bersyukur partisipasi warga masyarakat untuk terlibat secara langsung dalam proses pemilihan Kepala Desa (Pilkades) meningkat.

“Rata-rata tiap Kecamatan partisipasinya sudah diatas 70 persen, biasanya masyarakat cuek, tapi Pilkades ini mereka cukup semangat,” imbuhnya.

Sementara itu, ditemui usai Rakor Kepala Dinas DPMDes Provinsi Kalimantan Timur, Sirajudin mengingatkan untuk tidak mengesampingkan terkait proses perhitungan suara yang merupakan bagian penting dalam proses tahapan pemilu.

“Biasanya ada pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil Pilkades, sehingga menimbulkan permasalahan yang bisa berakibat terhambatnya proses Pemilihan tersebut,” ujarnya.

Faisal Rahman, anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur yang juga mengikuti Rakor tersebut mengapresiasi proses pelaksanaan Pilkades yang berjalan dengan baik dan kondusif.

“Kita (DPRD) berharap kualitas Kades yang terpilih nanti sesuai dengan pilihan dan harapan masyarakat, kita apresiasi,” ujar Senator dari partai moncong putih itu.

Dia juga berharap Pemkab untuk segera melaksanakan pelantikan kepada Kepala Desa terpilih apabila sudah ditetapkan, agar tidak mengganggu pelaksanaan program APBDes.

“itukan salah pesannya Dirjen Pemerintahan Desa, mudah-mudahan itu bisa lebih cepat,” tutupnya. (Tj)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button