AdvertorialKominfo

Perlu Konsistensi dan Kontinuitas Pemkab Jalankan GNSTA

KUTAI TIMUR – Komitmen Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur berkaitan Gerakan Nasional Sadar dan Tertib Arsip (GNSTA) yang berlangsung pada Selasa (31/5/2022) siang, di Ruang Tempudau Kantor Bupati, mendapatkan tanggapan luar biasa dari Desi Pratiwi, Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia).

“Tertib arsip merupakan program pembangunan kearsipan nasional dalam menunjang transformasi digital dan memori kolektif bangsa. Diperlukan konsistensi dan kontinuitas dari Pemerintah Daerah dalam menjalankan program tertib arsip,” tukasnya.

Kemampuan Kutim untuk dapat menjalakan GNSTA, diyakini pihak ANRI dengan Kutim berada diposisi ketiga dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kaltim pada bidang tata kelola kearsipan oleh Pemprov Kaltim.

“Padahal pada tahun sebelumnya Kutim berada di posisi kedelapan. Tentu kerja ini masih memerlukan berbagai terobosan dan upaya hasil pengawasan kearsipan pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang,” ungkap Ibu Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan ini.

Sementara itu Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengatakan, pencanangan GNSTA di Kutim harus didukung tata kelola kerja kearsipan yang baik. Untuk tertib penyusunan kebijakan, pembentukan organisasi kearsipan, pengelolaan SDM kearsipan yang optimal, hingga pengelolaan sarana dan prasarana kearsipan sesuai standar ANRI.

“Ini adalah upaya memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dengan PP turunannya. Lalu Peraturan Kepala ANRI Nomor 7 Tahun 2017 tentang GNSTA,” tegas Wabup.

Kegiatan dilanjutkan pula oleh penandatanganan pakta integritas yang diikuti oleh pimpinan-pimpinan di Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) dan pihak kecamatan se-Kutim. Hadir dalam kesempatan tersebut Pj Sekda Yuriansyah T, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Suriansyah, Kepala Inspektorat Wilayah M. Hamdan, Kadiskominfo Ery Mulyadi dan beberapa pejabat serta tamu undangan lainnya. (AdvKominfo – Ron)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button