Peristiwa Daerah

Dispar Gelar Pelatihan Desain Produk Ardiansyah: Manfaatkan Sebaik Mungkin

KUTAI TIMUR – Sebagai upaya peningkatan sumber daya kepariwisataan serta ekonomi kreatif, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur (Dispar Kutim) menggelar Pelatihan Pengemasan Desain Produk Wisata dan Workshop Pengembangan SDM dan Penguatan Kelembagaan Pokdarwis/ Desa Wisata yang dibuka oleh Bupati H Ardiansyah Sulaiman, di Cafe Teras Belad, Selasa (31/5/2022).

Dalam kesempatan itu orang nomor satu di Kutim mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk bisa mengembangkan pariwisata di derah masing-masing. Untuk itu Adriansyah mengajak kepada peserta yang hadir untuk bisa memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai momentum kebangkitan sektor pariwisata yang ada di Kutim.

“Ayo Bapak Ibu, jangan sampai kesempatan ini dilepaskan begitu saja, dan kita yakin kalau daerah kita ini (Kutim) indah,” terangnya.

Hal tersebut diungkapkan Pria kelahiran tahun 1964 tersebut bukan tanpa sebab, karena memang, Kutim memiliki beragam potensi wisata yang cukup menjanjikan baik wisata alam, budaya, maupun buatan yang tidak kalah dengan daerah lain, sehingga untuk menarik lebih banyak pengunjung diperlukan beragam inovasi serta unsur penunjang yang bisa lebih memudahkan masyarakat untuk berkunjung.

“Bagaimana desain produk wisata tersebut bisa menarik wisatawan dari luar, selain Infrastruktur yang juga wajib untuk segera dibenahi oleh pemerintah sebagai daya dukungnya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu juga Ardiansyah meminta kepada para peserta yang berasal dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang berasal dari berbagai desa di Kabupaten Kutim tersebut, agar terus berkreasi serta inovasi, salah satunya dengan cara konsisten membangun brand serta nama produk yang mampu menarik perhatian, tanpa melupakan kualitas produk itu sendiri.

Sebelumnya Kadispar Kutim, Nurullah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan di Kutim, sehingga bisa lebih mengoptimalkan semua potensi wisata di desanya masing-masing serta mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan yang akan berkunjung.

“Acara ini berlansung selama 4 hari, dengan peserta sebanyak 50 orang mulai dari Pemerintah Desa, Pokdarwis, HPi dan Adytma Kepariwisataan Ekraf, dengan narasumber dari Polnes Samarinda serta Universitas Mulawarman,” jelasnya. (AdvKominfo – Tj)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button