Peristiwa

Audiensi KPKNL dengan Bupati Ardiansyah Sulaiman Terkait Piutang, Bupati: Optimistis Raih Kembali WTP

KUTAI TIMUR – Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman, menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Pelayanan Kekayaannya Negara dan Lelang (KPKNL) Regional Kaltim-Tara di ruang Kerja Bupati, Kamis (07/10/2021) pagi

Ditemuinya usai kegiatan, Ardiansyah menjelaskan pertemuan tersebut terkait kerjasama perbendaharaan aset serta laporan keuangan Daerah dari sisi piutang yang ada di Pemkab Kutim.

“Untuk Pemkab Kutim, leading sectornya adalah BPKAD dan mereka (KPKNL) siap membantu (Pemkab Kutim) terkait permasalahan ini yang diharapkan Kutim mampu untuk meraih kembali WTP,” ucapnya.

Ardiansyah menambahkan WTP tidak mustahil diraih Kutai Timur jika semua stakeholder bersinergi dalam mewujudkan sistem laporan keuangan yang baik.

Sementara itu Kepala Kantor KPKNL, Kusumawardhani, menjelaskan Koordinasi terkait permasalahan penyisisihan piutang Pemkab kutim yang masih tinggi.

“Kami ingin membantu Pemkab Kutim dalam hal laporan keuangan (pengelolaan piutang) karena di tahun sebelumnya, Pemkab Kutim meraih Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” ucapnya.

Lebih lanjut, menurutnya, salah satu indikator penilaian yang dikeluarkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan (BPK) terkait laporan keuangan adalah tertibnya pengelolaan piutang Pemerintah Daerah.

Ia menambahkan, permasalahan tersebut mampu diselesaikan melalui penagihan oleh pihak piutang ataupun pengahapusan, dan jika masuk dalam ketegori tidak bisa menyelesaikan, KPKNL bisa membantu menghapuskan aset tersebut melalui Piutang Negara Sementara Belum Dapat Ditagih (PSBDT) yang disahkan oleh DPRD Kabupaten.

“Akibatnya nanti nilai aset pemerintah daerah akan naik, karena penyisihan piutang nya berkurang,” tutupnya.(Tj)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button