Pemerintahan

Dorong Program Perkebunan Berkelanjutan, Irawansyah: Bisa dan Misi Pemkab Kutim

KUTAI TIMUR – Mewujudkan daya saing ekonomi masyarakat berbasis sektor pertanian seperti tertuang dalam visi dan misi Pemkab Kutim, berbagai proses, usaha dan komitmen telah dan terus dijalankan untuk mendukung terciptanya perkebunan berkelanjutan di Kabupaten.

Pemkab Kutim juga terus berusaha maksimal untuk dapat mengarus utamakan prinsip-prinsip perkebunan berkelanjutan dalam agenda pembangunan di Kutim, yaitu sektor perkebunan. Untuk itu perlu peran aktif dari perwakilan atau pimpinan grup perusahaan agar terus meningkatkan koordinasi serta mendukung agenda perkebunan berkelanjutan di Kutim.

Hal tersebut dicetuskan langsung oleh Sekretaris Daerah Kutim, Irawansyah, saat membuka secara langsung Kick Off Proses Konsultasi Publik Rencana Perkebunan Berkelanjutan Kutim, mewakili Bupati di Kantor Dinas Perkebunan (Disbun), Jum’at (05/11/2021).

“Namun demikian, agenda keberlanjutan di Kabupaten Kutim secara menyeluruh juga harus didorong aktor-aktor terkait lainnya selain pemerintah. Seperti pihak swasta, masyarakat, lembaga keuangan dan mitra pembangunan. Untuk selanjutnya bersama-sama mendorong terbentuknya ekosistem tata kelola sektor perkebunan yang berkelanjutan di Kutim,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan melalui Kepala Bidang Perlindungan Tanaman, Didik Prayitno, menjelaskan, kegiatan ini menjadi upaya pengintegrasian rencana perkebunan berkelanjutan dalam perencanaan daerah di kabupaten.

Rencana perkebunan berkelanjutan ini juga melibatkan tim teknis dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan mitra pembangunan yang diharapkan mampu melaksanakan program berjalan tersebut dengan baik.

“Meliputi rencana aksi daerah pembangunan kelapa sawit berkelanjutan dan rencana strategis Disbun,” jelasnya singkat. (tj/fj)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button