Kriminal

Polres Kutim Bekuk Dua Pelaku Pencurian Tabung LPG dan Sembako

KUTAI TIMUR – Polres Kutai Timur (Kutim) melalui Satreskrim berhasil membekuk dua pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Kapolres Kutim, AKBP Ronny Bonic, melalu Kasat Reskrim, Iptu I Made Jata Wiranegara, menjelaskan ada 4 (empat) perkara yang berhasil mereka ungkap dari penangkapan tersebut.

“Ada empat laporan yang berhasil kami ungkap dari penangkapan tersebut, yaitu LP Nomor 41, 42, 43 dan 44 dimana TKP pertama itu berhasil kita amankan di Jalan Poros Bengalon tepatnya di Sepaso Selatan,” terangnya dalam press release yang dilaksanakan di halaman depan Kantor Satreskrim tersebut, Kamis (22/06/2023).

Kasat Reskrim Iptu I Made Jata Wiranegara juga menerangkan, dalam aksinya, dua pelaku pembobol toko tersebut selain mengambil sejumlah tabung gas juga sembako di beberapa toko yang menjadi sasaran.

“Pelaku mengambil LPG sejumlah 29 buah di TKP pertama yang berada di depan toko dalam kondisi terikat dengan rantai kemudian pelaku melakukan pencurian dengan cara memotong rantai dengan menggunakan tang dan diamankan 29 LPG tersebut yang selanjutnya dijual untuk memperoleh keuntungan,” terangnya.

Dalam kasus kedua dan ketiga dengan aksi yang sama, imbuhnya, kedua pelaku juga membobol salah satu pangkalan LPG yang ada di wilayah Sangatta Selatan. 59 LPG berhasil digasak pelaku dalam aksi tersebut. Sedangkan di salah satu toko sembako pelaku mengambil berbagai jenis sembako. Untuk melancarkan aksinya, lanjutnya, para pelaku berinisial JL (32) dan RT (34) menyewa atau merental kendaraan roda empat.

“Dalam hal tindak kejahatan pencurian dengan pemberatan, kedua pelaku diberikan Rumusan Pasal 363 ayat (1) KUH Pidana, dengan acaman hukuman penjara paling lama 7 tahun,” katanya.

Untuk diketahui, barang bukti yang berhasil diamankan oleh Polres Kutim melalui Satreskrim yaitu 13 karung beras 10kg, 3 karung beras 25kg, 1 karung kacang tanah 50kg, uang tunai 1 juta 6 ratus ribu rupiah, 2 ikat piring telur yang masing masi berisi 5 piring telur, 25 piring telur, 1 karung bawang merah 20kg, 2 karung bawang putih 18kg, 1 karung bawang putih 20kg, 1 karung bawang merah 30kg, 3 jrigen minyak goreng 20 liter, 29 tabung LPG 3kg, 2 tabung gas 12kg, 3 tabung gas 5,5 kg dan 51 tabung gas 3 kg. (Ty)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button