TNI/POLRI

Hadiri HUT 3 GEN W, Danramil 0909-03/Muara Wahau Pesankan Hal Ini

KUTAI TIMUR – Peran aktif pemuda sebagai generasi penerus bangsa dalam pembangunan, pelestarian adat budaya serta lingkungan menjadi pesan utama yang disampaikan oleh Danramil 0909-03/Muara Wahau, Kapten Arh Asep Supriyatna, dalam sambutannya saat menghadiri acara tasyakuran HUT 77 RI yang dirangkai dengan acara HUT ke 3 organisasi kepemudaan Kecamatan Muara Wahau, GEN W, yang dilaksanakan di RT 5 Desa Muara Wahau, Kamis (18/08/2022).

Menurut Danramil, organisasi kepemudaan yang dimiliki oleh Desa Muara Wahau dapat menjadi tempat berkumpul, berbagi serta bertukar pikiran tentang ide-ide positif yang kemudian bisa dikembangkan potensinya oleh para pemuda untuk kemajuan wilayah tempat tinggalnya ke arah yang lebih baik.

Selain itu, menurutnya, banyak peran yang bisa diambil oleh para pemuda melalui organisasi kepemudaan, semisal penguatan kader-kader lingkungan, kader budaya, ataupun sebagai kader pembangunan daerah yang dapat menjadikan lingkungan tempat tinggalnya menjadi lebih baik dan layak menjadi contoh bagi pemuda di tempat lainnya.

“Derasnya arus informasi dan kemajuan teknologi membawa dampak positif, terutama terkait adat budaya, norma dan perilaku yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Bagi pemuda dan juga organisasi kepemudaan, hal ini adalah tantangan yang harus dijawab dengan mengembangkan potensi diri untuk menjaga lingkungan, seni, budaya serta adat istiadat sehingga tidak tergerus oleh budaya asing,” ucapnya.

Danramil juga menyampaikan bahwa peran pemuda sangat penting dan strategis dalam berbagai isu. Salah satunya isu lingkungan hidup. Manusia sebagai makhluk hidup yang paling sempurna dan berakal budi menjadi penanggung jawab khususnya pemuda yang merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan tonggak estafet dan memberikan kepada penerus berikutnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap di HUT 3 ini, GEN W, dapat melaksanakan perannya secara optimal sebagai organisasi kepemudaan dengan melaksanakan berbagai hal diatas minimal di wilayah tempat tinggalnya, sehingga eksistensi organisasi dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar.

“Intinya dengan bertambahnya usia di tahun ke 3 organisasi kepemudaan ini berdiri, saya berharap semoga menjadi organisasi yang maju, mampu menjaga adab, kepribadian, lingkungan, kebudayaan serta mampu meningkatkan potensi pemuda yang menjadi anggota guna membangun desanya menjadi lebih baik dan berkembang pesat,” tutupnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button